Selasa, 26 Juli 2011

Industri Jasa Boga


INDUSTRI JASA BOGA

            Usaha Jasa Boga adalah usaha yang menawarkan produk nyata dibidang makanan dan minuman yang ditawarkan kepada konsumen. Ruang lingkup jasa boga meliputi :
-      Restoran
-      Catering
-      Kantin
-      Bakery


Untuk mengembangkan usaha jasa boga maka kita harus menguasai tehnik boga dasar dan menajemen usaha boga, yang merupakan pengetahuan dasar mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan restoran / catering dan bagaimana menjalankan usaha restoran/ catering. Melihat perkembangan tentang pola hidup manusia saat ini yang cenderung praktis dan tidak repot di dalam memenuhi kebutuhan makan maka tidak salah jika saat ini kita memulai usaha di bidang penyedia jasa pangan ini. Faktor yang mempengaruhi usaha restoran (jasa boga):

1.    Kebutuhan masyarakat
2.    Pangsa pasar yang di tuju (konsumen yang dibidik)
3.    Kapasitas produksi
4.    Daya beli masyarakat
5.    Lokasi
6.    Suasana / Konsep yang di usung di dalam usaha restoran
7.    Persaingan dengan usaha yang sejenis
8.    Promosi (Marketing/ pemasaran)


Usaha katering dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan tempatnya yaitu:
-      Katering rumah, meliputi rantangan atau Catering Box untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks utuk 20-100 porsi dan pesanan nasi tumpeng.
-      Katering sekolah adalah katering makan pagi/siang untuk anak-anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak.
-      Katering kantor, yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.
-      Katering acara-araca khusus/hajatan seperti pernikahan dan perayaan. umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

Salah satu cara yang cukup strategis untuk mengidentifikasi pangsa pasar sasaran diantaranya dengan melakukan riset terhadap kebutuhan, keinginan, dan harapan calon pelanggan potensial. Analisis trading area yang meliputi variabel geografis, demografis, psikografis, dan behavioral, akan dapat memberikan gambaran peluang dan hambatan bagi rujukan strategi yang akan dilakukan.
Hal yang mendukung keberlangsungan usaha rumah makan dan restoran ini adalah strategi pemasaran yang tepat.
-      Menetapkan market planning. Dalam perencanaan membangun suatu catering atau industry jasa boga yang lain, maka perencanaan marketing adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan industry makanan dan minuman membutuhkan waktu yang lama untuk dikenal dan disukai masyarakat. Oleh karena itu penyesuaian dengan selera masyarakat itu perlu dilakukan. Sebelum membangun suatu jasa boga maka penelitian awal (research market) harus dilakukan agar produk kita disukai oleh konsumen pada umumnya.

-      Menetapkan target pasar. Ada banyak level atau tingkatan kalangan konsumen/ pasar. Oleh karena itu kita sebagai pendiri usaha jasa boga harus memilih produk kita akan dipasarkan untuk kalangan menengah ke bawah atau kalangan menengah ke atas. Lebih baik lagi jika kita bisa menyediakan dan memilah-milah dan mengklasifikasikannya untuk kalangan semua kalangan, sehingga produk kita bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

-      Strategi bagaimana cara mempertahankan loyalitas pelanggan yang ada. Kepercayaan pelanggan adalah merupakan hal penting yang harus selalu dijaga oleh para pemiliki industry jasa boga. Kekecewaan yang dialami oleh konsumen akan berimbas pada pendapatan perusahaan. Dimana pelanggan akan mencari produk lain yang lebih mereka sukai apalagi industry jasa boga sudah banyak di pasaran, sehingga konsumen lebih mudah memilih dengan berbagai pilihan yang ditawarkan. Pemberian diskon untuk pelanggan yang sering berkunjung merupakan salah satu cara agar pelanggan merasa puas dengan produk kita, dan senantiasa membeli di resto/ usaha kita.

-      Menambah pelanggan baru merupakan ujung tombak yang mutlak diperlukan demi majunya usaha ini. Pelanggan baru merupakan aset yang harus selalu dicari dikarenakan konsumen makanan tidak akan berani mencoba tanpa diketahui kualitas rasa dan pelayanan resto/ café yang memuaskan. Dilakukannya soft opening atau grand opening dengan harga yang berbeda merupakan salah satu cara menarik pelanggan baru untuk merasakan keunggulan produk kita. Selain itu lakukan promo-promo yang dapat menarik perhatian para pelanggan.

-      Menunjukkan perhatian dan penghargaan kepada teman/karyawan yang sudah membantu mempromosikan usaha kita sehingga mereka akan mendapat order berikutnya. Tidak perlu mahal. Yang penting berkesan, dengan perhatian/bonus tersebut mereka akan lebih senang membantu promosi anda

-      Penanganan keluhan yang baik. Segala masukan, kritik dan saran yang diberikan pelanggan bersifat membangun. Tampung semua kritik dan saran tersebut, dan cobalah untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit hingga suatu kesempurnaan diperoleh

Ada berbagai metode yang diberikan agar usaha di bidang makanan dan minuman bisa berkembang. Salah satu teori yang bisa digunakan adalah teori 4P yang sering digunakan dalam memanajemen bisnis yang kita kelola, yaitu:
-      Products. Tidak hanya makanannya saja yang harus unggul mengambil hati para konsumen, melainkan termasuk di dalamnya suasana lingkungan restoran yang meliputi kenyamanan, keindahan, kebersihan, dan kesehatan serta pelayanan yang diberikan.

-      Promotion. Di samping advertensi dan teknik penjualan, juga termasuk kreasi dalam menciptakan image dan identitas perusahaan, juga elemen-elemen pengembangan produk. Jangan membiarkan konsumen bosan dengan menu yang sama setiap saat, buat suatu inovasi menyegarkan yang dapat menarik lebih banyak pelanggan dan pelanggan lama pun tidak merasa bosan.

-      Place. Meskipun tidak berarti menentukan, namun merupakan faktor penunjang dan mempengaruhi keberhasilan bisnis restoran. Lokasi yang mampu menarik masyarakat untuk datang merupakan lokasi strategis bagi usaha restoran.

-      Price. Meskipun pendekatan ini jarang digunakan dalam bisnis restoran mengingat elastisitas permintaan produk, namun menjadi sangat strategis dalam pemasaran produk dengan penyesuaian terhadap faktor lingkungan secara mikro maupun makro.
Intinya kepuasan pelanggan dan konsumen adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Ketika seseorang puas dengan produk kita maka mereka pasti akan kembali ke tempat kita untuk membeli lagi produk kita dan dengan membawa orang yang berbeda. Kepuasan pelanggan dan konsumen akan menjadi media pemasaran yang paling ampuh dibandingkan dengan metode yang lain. Hal ini dikarenakan orang akan lebih percaya pada seseorang yang sudah pernah merasakan makanan dan minuman café kita dan merasa puas dengan sgala pelayanan yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar